Berita Utama

Layanan Digital Perpustakaan, Permudah Peserta Didik Akses Literasi

Kisaran (Humas). Perpustakaan madrasah adalah salah satu tempat yang vital bagi peserta didik, guru maupun warga madrasah lainnya untuk mencari informasi atau menambah wawasan literasi. Sebagai sumber informasi, perpustakaan madrasah harus terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanannya, apalagi zaman sekarang sudah banyak menggunakan layanan digital.

Saat ini, MAN Asahan sudah melakukan inovasi dengan meningkatkan layanan digital perpustakaan dalam pelayanan literasi madrasah. Mulai dari mengisi daftar pengunjung perpustakaan, pencarian letak buku sampai dengan proses peminjaman buku, semua sudah menggunakan layanan digital perpustakaan.

Staf Perpustakaan Ibnu Hajar MAN Asahan, Wilantika Daulay mengatakan bahwa layanan digital ini merupakan bagian dari upaya untuk mempermudah pengunjung warga MAN Asahan khususnya dalam layanan literasi di madrasah. “Melalui sistem ini, pengunjung dapat mengisi daftar kunjungan dan mencari buku secara daring melalui komputer yang tersedia di meja depan perpustakaan,” ungkapnya, Selasa (16/9/2025).

Selain itu, proses untuk peminjaman dan pengembalian buku sudah terintegrasi secara digital, sehingga mempermudah pencatatannya. “Semua itu dilakukan menggunakan aplikasi Slims, nantinya barcode buku yang dipinjam akan di-scan dan masuk ke dalam sistem aplikasi tersebut,” jelas Wilan.

Banyak warga MAN Asahan yang telah merasakan manfaat dari layanan digital ini, seperti yang telah dirasakan oleh Zahra Ramadanurnisyifah dan Nazhia Setiani, peserta didik kelas XII. Keduanya sering berkunjung ke Perpustakaan Ibnu Hajar MAN Asahan untuk mencari informasi pendukung mata pelajaran yang mereka pelajari.

Menurut Zahra Ramadanurnisyifah, Perpustakaan Ibnu Hajar MAN Asahan sudah melakukan pelayanan dengan sangat baik. Pengunjung masuk ke dalam perpustakaan langsung dilayani dengan pengisian daftar kunjungan dengan cara scan barcode kartu keanggotaan perpustakaan yang sudah terintegrasi dengan layanan digital perpustakaan.

“Pelayanan di perpustakaan ini sangat baik, mulai dari mencari hingga meminjam buku, semua sudah dicatat menggunakan sistem digital. Tempatnya juga selalu bersih dan membuat nyaman serta staf perpustakaannya juga ramah. Kemudian Koleksi bukunya juga sangat lengkap, bahkan novel juga ada”, ujar Zahra.

Senada dengan Zahra Ramadanurnisyifah, Nazhia Setiani mengatakan pelayanan di Perputakaan Ibnu Hajar MAN Asahan sangat bagus, sistemnya sudah canggih, peletakan buku-bukunya sangat teratur dan mudah dicari. “Tempatnya juga nyaman untuk belajar atau membaca buku-buku cerita,” ujar Nazhia Setiani menambahkan.

Kepala MAN Asahan Dra. Hj. Elda Ayumi, M.Si mengatakan bahwa Perpustakaan Ibnu Hajar MAN Asahan telah menggunakan layanan digital ini dimulai dari 3 tahun yang lalu dan sampai sekarang, MAN Asahan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan di perpustakaan.

“Perpustakaan Ibnu Hajar MAN Asahan akan terus update mengikuti perkembangan yang ada, kemudian mencari informasi melalui pelatihan-pelatihan pemanfaatan teknologi literasi,” ungkap Elda Ayumi. (wd)